Apa Sih Perbedaan Tote Bag dan Goodie Bag?

Perbedaan Tote Bag Goodie Bag – Dunia fashion selalu mengalami perubahan. Hampir tidak ada trend yang pasti. Bahkan trend di tahun 50-80an yang akrab dengan Pin Up, minimalis, Yuppie Style kembali merajalela sekarang ini. 

Perbedaan Tote Bag dan Goodie Bag
Sumber: Pinterest.com

Terlebih-lebih pada style anak-anak indie. Ya, meskipun terjadi sedikit kesalahpahaman karena sejatinya indie adalah kata yang menggambarkan kemandirian untuk segala bidang.

Seperti band musik yang berdiri sendiri tanpa ada label yang menaunginya. Penulis yang bukunya tidak diterbitkan oleh penerbit mainstream, dll. Bukan merujuk pada lifestyle ataupun fashion style. Tapi, kesalahpahaman ini tidak bisa menghentikan gejolak yang besar akan kebutuhan fashion yang minimalis dan “indie”.

Sekarang, kita mungkin sudah sering menemukan anak-anak muda dengan kaos dan celana jeans oversized. Gaya floral dan hippie ini sebenarnya banyak diadopsi dari trend fashion masa lalu, terutama dari tahun 60-70an. Menariknya, meskipun trend fashion terus berubah, terdapat satu aksesoris pelengkap yang seolah tidak terbatas akan style tertentu.

Aksesoris tersebut adalah tas, terlebih pada tas tote bag. Sayangnya, banyak orang yang sering salah kaprah tentang tote bag ini.

Beberapa di antara mereka menganggap bahwa tote bag sama dengan goodie bag. Padahal kedua tas ini memiliki banyak perbedaan yang mencolok. Perbedaan antara tote bag dan goodie bag dapat terlihat dengan jelas pada 3 poin besar, yakni;

  • Jenis bahan yang umum digunakan.
  • Desain model dan ukuran.
  • Fungsi dan jangka waktu pengunaan.

Perbedaan Tote Bag dengan Goodie Bag

1. Jenis Bahan yang Umum Digunakan

Perbedaan pertama terletak pada bahan yang digunakan.

Umumnya tote bag dibuat dari bahan kanvas atau blacu. Beberapa produsen bahkan melakukan kreasi lebih dengan menempatkan bahan kulit asli atau sintetis pada proses pembuatannya. Bahan-bahan yang dipilih untuk proses pembuatan tote bag umumnya adalah bahan yang memiliki daya tahan kuat.

Jika tote bag tersebut ditujukan untuk cetak sablon, maka bahan kanvas dapat diandalkan. Bahan kanvas sebagai bahan umum dari tote bag memiliki karakteristik utama seperti lebih halus namun tebal.

Lalu bagaimana dengan goodie bag?.

Berbeda dengan tote bag, goodie bag umumnya dibuat dari bahan yang kaku, mudah rusak, tetapi ringan. Bahan tersebut tidak lain adalah spunbond. Meskipun daya tahan yang dimiliki kalah jauh jika dibandingkan dengan kanvas, tapi penggunaan spunbond ini diklaim lebih ramah lingkungan ketimbang plastik.

2. Desain Model dan Ukuran

Poin kedua perbedaan antara kedua model tas ini terletak pada desain model dan juga ukurannya.

Desain model dan juga ukuran yang dimiliki oleh tote bag ini umumnya lebih beragam, baik itu motif maupun ukuran yang dimilikinya. Ada yang mini dan ada pula yang jumbo. Tote bag juga lebih bersahabat dibandingkan goodie bag, karena tote bag mampu beradaptasi dengan baik dengan segala jenis style fashion.

Lalu untuk desain model dan ukuran goodie bag, cenderung itu-itu saja. Ukuran yang dimiliki biasanya hanya mini ke sedang dengan motif yang minimalis. Adapun style fashion yang bisa bersahabat baik dengan penggunaan goodie bag ini, mimin rasa adalah Pin Up, dan beberapa style fashion lain yang punya nada mewah.

3. Fungsi dan Jangka Waktu Penggunaan.

Terakhir adalah perbedaan pada poin fungsi dan juga jangka waktu penggunaannya.

Tote bag banyak digunakan untuk berbagai keperluan ataupun aktivitas. Ukurannya yang beragam menjadikan kamu lebih mudah untuk menaruh segala jenis barang di dalamnya. Kamu bisa gunakan tote bag untuk jalan-jalan, belanja, hingga untuk tas kuliah sekalipun. Jangka waktu penggunaan dari tote bag pun cenderung lebih panjang. Apalagi bahan untuk tote bag lebih baik dan tahan lama ketimbang goodie bag.

Lalu untuk Goodie bag, biasanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti seminar, pelatihan, dll sebagai souvenir atau merchandise acara tersebut. Goodie bag juga biasanya digunakan sebagai tas belanja barang-barang eksklusif, seperti jam tangan, cincin, dan sejenisnya. Adapun untuk jangka waktu penggunaannya sama dengan tote bag, hanya saja memang tidak lebih lama.

Tips Memilih Tote Bag Berkualitas

  • Memilih bahan yang pas dan berkualitas. Seperti yang sudah mimin katakan sebelumnya, tote bag dapat dibuat dengan berbahan jenis bahan, umumnya menggunakan bahan kanvas atau blacu. Tapi mempertimbangkan untuk menggunakan tote bag dari bahan kulit sintetis juga tidak ada salahnya. Tote bag dengan bahan kulit sintetis sangat cocok untuk kamu yang menganut gaya tas basic.
  • Perhatikan ukuran. Setelahnya adalah memperhatikan ukuran daripada tote bag. Tentu saja ini bergantung pada kebutuhan dan keinginan kamu sebelumnya sebelum membeli tote bag. Apabila digunakan untuk tas belanja, maka ukuran tote bag yang besar bisa kamu pertimbangkan.
  • Desain dan motif. Yang terakhir adalah memperhatikan desain dan motif yang dimiliki. Jika kamu memerlukan tote bag untuk acara non formal, maka desain penuh motif bisa jadi pertimbangan yang kuat. Jika diperlukan untuk acara formal, maka gunakanlah tote bag dengan desain minimalis.

Di mana Saya Bisa Mendapatkan Tote Bag Berkualitas?

Pertanyaan yang bagus Bee Fellas.

Shopee Beela
Sumber: Shopee beela_co

Kamu bisa mendapatkan produk-produk tote bag berkualitas hanya di Beela. Kunjungi langsung laman Shopee Beela dengan klik gambar di atas ya!. Adapun produk tote bag andalan Beela adalah tote bag dengan bahan utama kulit sintetis.

Baca Juga: Rekomendasi Tote Bag Kulit Terbaik untuk Wanita Stylish

Ingin kerja sama dengan Beela sebagai reseller atau dropshiper?, hubungi WA kami di 0895-39050-6714.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top