Inilah Kelebihan Tas Kulit Sintetis Dibandingkan Tas Kulit Asli

Kelebihan Tas Kulit Sintetis – Tas adalah salah satu aksesoris fashion wajib bagi kaum hawa. Melalui tas, kaum hawa dapat meningkatkan nilai gengsi yang dimilikinya. Dan terkadang melalui tas pula, kaum hawa dapat tertolong penampilannya. Tidak heran jika banyak dari mereka yang rela mengeluarkan banyak uangnya untuk bisa mendapatkan tas idaman.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara mendapatkan tas idaman yang nyaman cocok dipakai ke mana-mana. Mimin sudah sering membagikan tips jitu fashion di dalam blog Beela.Co untuk mengatasi masalah ini. Dan salah satu cara terbaik untuk bisa mengatasinya adalah dengan memilih tas dari bahan terbaik.

Baca Juga: Cara Menyimpan Tas Agar Awet dan Tahan Lama

Ada banyak bahan yang bisa jadikan sebagai bahan utama pembuatan tas. Salah satunya adalah bahan kulit sintetis. Apa itu bahan kulit sintetis? dan apa saja kelebihan yang dimilikinya?.

Semua pertanyaan di atas, akan terjawab lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.

Apa itu Bahan Kulit Sintetis?

Tas Kulit Sintetis
Sumber: Tokopedia beela-co

Kulit sintetis adalah hasil imitasi dari kulit asli dan dalam prosesnya melibatkan banyak bahan, salah satunya adalah plastik. Lebih tepatnya bahan yang digunakan sebagai pendamping proses tersebut adalah leather. Leather sendiri memiliki permukaan yang mengkilap dan memiliki karakteristik yang cukup kaku dibandingkan dengan kulit asli.

Tas dari bahan kulit sintetis biasanya dapat dikenali dari karakteristik yang dimilikinya. 3 diantara banyak karakteristik tersebut adalah;

  1. Aroma atau bau yang dihasilkan dari bahan kulit sintetis biasanya lebih anyir.
  2. Tingkat ketebalan tas dari bahan kulit sintetis yang biasanya lebih tipis dan mudah memuai apabila terkena panas sinar matahari dalam waktu yang lama.
  3. Lapisan yang dimiliki biasanya memiliki serat yang tidak terlalu padat.

Apakah ketiga karakteristik ITU untuk berlaku untuk semua jenis kulit sintetis.Tidak.

Faktanya, kulit sintetis sendiri dapat diklasifikasikan menjadi banyak jenis. Berdasarkan bahan bakunya, kulit sintetis dapat dibagi menjadi 2 jenis bagian yakni; polyurethane (PU) dan juga polyvinyl chloride (PVC).

Adapun perbedaan antara kedua bahan baku ini adalah;

PU terdiri dari dua lapisan utama berupa split leather (kulit asli di bagian dalam) dan polyurethane. Jumlah lapisan yang sedikit inilah yang menjadikan PU memiliki tesktur berkerut layaknya kulit asli. Jenis kulit sintetis inilah yang banyak digunakan untuk bahan dasar pakaian.

Sedangkan PVC memiliki 4 lapisan, 2x kali lebih banyak ketimbang yang dimiliki PU. Adapun 4 lapisan itu adalah kain di bagian dasar, lapisan expanded, lapisan kulit, dan juga lapisan PVC itu sendiri.

Jumlah lapisan yang lebih banyak, menjadikan PVC ini lebih kuat dan tahan lama. Pori-pori yang dimiliki juga lebih sedikit dibandingkan dengan PU. Tidak heran jika PVC banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tas maupun dompet.

Kelebihan Bahan Kulit Sintetis

  1. Tas dari bahan kulit sintetis memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap kotoran yang menempel. Hal ini terjadi karena kulit sintetis tidak memiliki sifat untuk menyerap. Tidak heran juga jika tas dari bahan utama ini kebanyakan juga anti air.
  2. Karena sifatnya yang tidak mudah menyerap kotoran, perawatan yang diperlukan tidak seribet tas dari bahan kulit asli. Perawatan yang dilakukan relatif lebih mudah.
  3. Memiliki tekstur dan motif yang lebih fleksibel dan beragam dibandingkan dengan tas dari bahan kulit asli. Bahkan, banyak model tas dari bahan kulit sintetis sekarang ini, yang bahannya jauh lebih lentur ketimbang tas dari bahan kulit asli.
  4. Harga pasaran daripada tas dari bahan kulit sintetis, umumnya lebih murah ketimbang tas dari bahan kulit asli. Bisa dibilang terjangkau untuk semua jenis kalangan, mulai dari bawah dan atas.

Kekurangan Bahan Kulit Sintetis

Rasanya terlalu objektif kalau mimin hanya membahas kelebihan dari bahan kulit sintetis ini. Mimin rasa Bee Fellas juga perlu tahu kekurangan dari bahan ini untuk menambah wawasan fashion yang ada. Adapun kekurangan tas dari bahan kulit sintetis ini adalah;

  1. Umumnya ketahanan yang dimiliki oleh tas dari bahan kulit sintetis tidak lebih baik dari tas berbahan kulit asli.
  2. Mudah menyerap panas matahari. Sangat disarankan untuk tidak terlalu sering mencuci dan menjemurnya langsung di bawah sinar terik matahari.
  3. Mudah terbakar.
  4. Setelah pemakaian selama 1 tahun lebih, biasanya permukaan tas yang dimiliki akan jadi melar dan kendur.

Di Mana Saya Bisa Menemukan Tas Berbahan Kulit Sintetis Terbaik?

Tips Memilih Tas Wanita yang Berkualitas
Sumber: Tokopedia.com

Jawabannya jelas adalah di Beela.Co. Beela.Co adalah produsen lokal asal Yogyakarta yang terkenal akan produk tas, dompet, card holder berkualitas, tahan lama tapi memiliki harga yang bersahabat. Kamu bisa melihat lebih produk banyak produk tas kulit sintetis mereka di marketplace Tokopedia dan juga Shopee.

Baca Juga: 5 Desain Tas Kulit Sintetis Terbaik dari Beela.Co

Inilah penjelasan lengkap tentang kelebihan tas kulit sintetis.

Untuk yang berminat melakukan kerja sama dengan menjual produk grosir hasil dari tim produksi Beela.Co dengan nama brand sendiri, hubungi WhatsApp Beela.Co segera di 0895-39050-6714

1 thought on “Inilah Kelebihan Tas Kulit Sintetis Dibandingkan Tas Kulit Asli”

  1. Pingback: Rekomendasi Tas Selempang Wanita Terbaik untuk Penyuka Style Minimalis - Beela.Co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top