7 Kelebihan Bahan Kulit Sapi Sebagai Material Utama Tas atau Suvenir

Kelebihan Bahan Kulit Sapi – Sebutkan salah satu jenis bahan yang banyak digunakan oleh produsen sebagai material utama dalam proses produksi tas?. Satu dari sekian banyak jawaban yang ada, mungkin akan mengarahkan kamu pada bahan kulit asli. Tentu saja tas yang dibuat dengan bahan kulit asli diambil dari kulit hewan. Dan hewan yang sering diambil kulitnya untuk jadi bahan produksi tas adalah hewan ternak.

Di Indonesia, ada banyak jenis hewan ternak, namun yang paling sering dimanfaatkan kulitnya untuk jadi bahan produksi tas adalah sapi. Selain karena populasi sapi di Indonesia yang lebih banyak dan juga baunya yang tidak seamis kulit kambing. Ada banyak alasan lain dari penggunaan kulit sapi ini untuk bahan produksi tas. Ya, kulit sapi memiliki karakteristik yang khas, dan inilah yang juga menjadi kelebihan bahan kulit sapi untuk tas.

Di dalam artikel ini, mimin akan membahas lengkap tentang kelebihan bahan kulit sapi untuk produksi tas. Mimin akan menjelaskan 7 manfaatnya sekaligus di dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik ya!.

7 Kelebihan Bahan Kulit Sapi

1. Kuat dan Tahan Lama

Kelebihan bahan kulit sapi untuk produksi tas yang pertama adalah kulit sapi memiliki karakteristik yang kuat dan juga tahan lama. Hal ini wajar mengingat sapi memiliki lapisan pigmen kulit yang tebal. Jauh lebih tebal ketimbang lapisan pigmen kulit yang dimiliki oleh kulit hewan ternak lainnya, seperti domba dan kambing. Pigmen kulit yang tebal inilah yang nantinya berfungsi sebagai pengikat beberapa lapisan kulit lain saat proses produksi tas berlangsung.

Tidak heran jika tas dari bahan kulit sapi umumnya memiliki tingkat keawetan yang terjaga lama.

2. Fleksibel

Meskipun menawarkan karakteristik yang kuat, tetapi kulit sapi sebagai bahan produksi tas tidaklah kaku. Bahkan kulit sapi juga menawarkan kepada produsen karakteristik lain yang itu adalah fleksibel. Produsen tidak perlu khawatir soal proses jahit yang ribet karena bahan yang kaku. Dibantu dengan beberapa alat tambahan seperti oil dan wax, kita bisa menambahkan tingkat kelenturan kulit sapi ini ke level yang maksimal.

3. Cukup Ramah Lingkungan

Karena bahan yang digunakan adalah kulit sapi, yang notabene berasal dari alam, maka wajar jika tas dari bahan ini cenderung ramah lingkungan. Menggunakan tas dari bahan kulit sapi adalah salah satu langkah penting untuk kita dapat menerapkan sustainable fashion.

Jika kamu tidak ingin menggunakan tas kulit sapinya lagi, atau tas tersebut memang sudah tidak layak pakai, maka kamu bisa menguburkannya. Kulit sapi dengan sifat aslinya, tentu akan lebih diurai oleh senyawa-senyawa hidup di dalam tanah.

4. Tahan Terhadap Goresan

Kelebihan bahan kulit sapi berikutnya adalah tahan terhadap goresan. Hal ini wajar mengingat kulit sapi memiliki lapisan bening di bagian permukaannya. Bagian inilah yang melindungi kulit bagian dalam agar tidak mudah terluka. Tidak heran jika tas dari bahan kulit sapi asli memiliki permukaan yang mengkilap. Ditambah lagi sekarang proses produksi tas telah terbantu dengan banyak perkembangan teknologi kimia.

Di mana produsen dapat menggunakannya untuk jadikan permukaan tas dari bahan kulit sapi lebih tahan goresan.

5. Tahan Terhadap Debu

Kelebihan bahan kulit sapi yang kelima adalah tahan terhadap debu. Kulit sapi memiliki pori-pori yang cenderung rapat dan kecil. Dengan tambahan proses penyamakan yang panjang, tentunya karakteristik seperti ini akan semakin menguat. Hal inilah yang kemudian memudahkan pengguna untuk membersihkan tas kulit sapi dari debu yang menempel.

Debu yang menempel dapat dibersihkan dengan mudah tanpa adanya bekas noda sama sekali. Terpenting adalah melakukan pembersihan tersebut secara perlahan dan dengan kain yang lembut.

6. Aroma yang Khas, dan Punya Kesan Mewah Kuat

Selanjutnya adalah tas kulit sapi yang memiliki aroma yang khas. Tentu saja aroma yang khas tersebut mirip dengan kulit sapi semasa hidup, tetapi tidak terlalu kuat. Aroma yang didapatkan tentunya berbeda dengan aroma yang didapatkan dari tas berbahan kulit sintetis. Selain itu, kulit sapi memiliki nilai artistik yang kuat.

Hal ini wajar mengingat proses produksi tas dengan bahan ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Tidak heran juga jika tas dari bahan ini memiliki harga yang cenderung mahal. Itulah sebabnya mereka yang mengenakan tas dari bahan kulit sapi akan dengan mudah memancarkan kesan mewah dan elegan yang kuat.

7. Nilai Jual Kembali yang Stabil

Kelebihan yang terakhir adalah nilai jual kembali dari tas bahan ini yang cenderung stabil. Jadi kamu yang sudah bosan dengan tas kulit sapinya, dapat menjualnya kembali dengan harga yang tergolong masih tinggi. Tidak benar-benar jatuh banget saat pertama kali kamu membelinya. Terlebih lagi jika kamu rajin memberikan tas tersebut perawatan yang tepat.

Inilah penjelasan lengkap mengenai 7 kelebihan bahan kulit sapi untuk produksi tas.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tas Selempang untuk Hadiah Pasangan

Dapatkan informasi produk berkualitas internasional dari pengrajin lokal lainnya dengan cara follow Instagram Beela.Co di @beela_co. Untuk yang berminat melakukan kerja sama dengan menjual produk grosir hasil dari tim produksi Beela.Co dengan nama brand sendiri, hubungi WhatsApp Beela.Co segera di 0895-39050-6714.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top