7 Cara Mengurangi Isi Lemari Pakaian, Wajib Praktek!

Cara Mengurangi Isi Lemari Pakaian – Lemari adalah furnitur rumah penting yang digunakan untuk kita bisa dengan mudah menyusun pakaian dan juga aksesoris fashion kesayangan lainnya seperti tas, dompet dan lain-lain. Tentu saja lemari perlu diberikan perawatan yang tepat agar awet, kuat dan tahan lama.

Lemari yang awet, kuat dan tahan lama tentunya akan membuat pakaian-pakaian di dalamnya juga awet. Satu dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengurangan isi lemari.

Nah, di dalam artikel ini mimin akan memberikan 7 tips atau cara mengurangi isi lemari pakaian dengan rapi. Dimulai dari tips atau cara yang pertama yakni;

1. Evaluasi Pakaian yang Masih Dibutuhkan dan Tidak

Evaluasi Pakaian yang Masih Digunakan dan yang Tidak
Sumber: Google Images

Cara yang pertama adalah dengan melakukan evaluasi pakaian terlebih dahulu. Perhatikan dengan seksama pakaian mana yang masih bagus dan layak, dan mana yang tidak. Untuk pakaian yang tidak lagi bagus atau layak, kamu tentu bisa memanfaatkannya untuk kain lap, atau malah menjualnya kembali. Tentunya dengan kondisi yang tidak terlalu rusak ya!.

2. Lakukan Metode KonMari

Berkaitan erat dengan cara yang pertama, adalah kamu bisa menggunakan metode KonMari. Metode ini biasanya juga disebut dengan metode Marie Kondo. Inti daripada metode ini adalah memprioritaskan untuk menyimpan barang-barang yang memiliki kenangan mendalam atau kebahagiaan.

3. Sortir Pakaian Secara Berkala

Lakukan cara 1 dan 2 ini secara berkala. Semisal 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali. Hal ini penting agar lemari kamu hanya menyimpan barang-barang yang memang diperlukan saja.

4. Satu Masuk Satu Keluar

Cara Mengurangi Isi Lemari Pakaian
Sumber: Edilportale.com

Sebagai makhluk sosial dan juga manusia biasa, kita tentu tidak akan selalu tahan untuk tidak membeli baju baru. Terlebih baju yang diberi tersebut sedang tren atau memiliki desain dan corak yang benar-benar memikat hati. Untuk itu selalu terapkan aturan Satu Masuk Satu Keluar. Di mana ketika kamu ingin membeli barang baru, maka barang lama di lemari harus keluar. Aturan ini efektif untuk mencegah penumpukan pakaian di dalam lemari.

5. Susun Ulang

Cara mengurangi isi lemari pakaian yang kelima adalah dengan menyusun ulang. Letakan pakaian yang sering dikenakan di bagian atas, sedangkan yang tidak di bagian bawah. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu lagi membungkuk dan susah payah mencari pakaian favorit. Pisahkan baju yang sudah jarang dipakai pada ruang tersendiri, agar kamu bisa dengan mudah mengangkut dan menjualnya di kemudian hari.

6. Gunakan Penyimpanan Tambahan

Kadang kala, pakaian-pakaian lama tetap ingin disimpan meskipun sudah tidak mungkin lagi dikenakan. Contohnya saja pakaian saat masih seragam sekolah atau almamater kuliah dulu. Pakaian ini jelas memiliki kenangan besar di dalamnya. Tetapi, seiring berjalannya waktu kebutuhan akan pakaian akan bertambah. Menjual atau memberikannya kepada orang lain akan terasa begitu berat.

Untuk kamu yang dilema, bisa siapkan 1 ruang penyimpanan tambahan baru.

7. Gunakan Konsep Minimalist

Lemari Pakaian Minimalis
Sumber: Purewow.net

Terakhir, adalah dengan menerapkan konsep minimalis. Ya, style minimalis yang identik dengan kesederhanaan memang cocok diterapkan untuk mengurangi isi lemari pakaian. Inilah penjelasan lengkap mengenai 7 Cara Mengurangi Isi Lemari Pakaian.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Kegiatan Romantis Saat Valentine

Dapatkan informasi produk berkualitas internasional dari pengrajin lokal lainnya dengan cara follow Instagram Beela.Co di @beela_co. Untuk yang berminat melakukan kerja sama dengan menjual produk grosir hasil dari tim produksi Beela.Co dengan nama brand sendiri, hubungi WhatsApp Beela.Co segera di 0895-39050-6714.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top