6 Cara Mencuci Tas Kulit Sintetis dengan Aman

Cara Membersihkan Tas Kulit Sintetis

Cara Mencuci Tas Kulit Sintetis – Salah satu bahan favorit untuk pembuatan tas adalah kulit sintetis. Kulit sintetis sebagai bahan pembuatan tas sendiri dinilai sebagai alternatif terbaik dari kulit asli. Terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh kulit sintetis ini jika dibandingkan dengan kulit asli. 7 di antara kelebihan tersebut adalah;

  1. Tekstur Permukaannya yang Lebih Variatif
  2. Warna yang Lebih Cerah dan Eye Catching
  3. Perawatan Lebih Mudah
  4. Proses Pengolahannya juga Lebih Mudah
  5. Harga yang Bersahabat
  6. Bentuk Kepedulian Tidak Langsung Terhadap Hewan
  7. Daya Jual Kembalinya yang Tidak Kalah Dibandingkan Kulit Asli

Dari sini kita tahu bahwa kulit sintetis memiliki kelebihan dalam hal perawatan. Hal ini wajar mengingat karakteristik utama daripada kulit sintetis yang tidak mudah menyerap kotoran. Kotoran yang menempel pada permukaan dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan tisu basah, lalu dikeringkan dengan tisu biasa.

Tapi, apakah itu berarti tas dengan bahan kulit sintetis sama sekali tidak boleh dicuci?. Jawabannya tentu saja boleh. Hanya saja memang frekuensi mencucinya tidak akan sesering tas dengan bahan kulit asli. Mencuci tas kulit sintetis pun tidak boleh ngasal, meskipun bahan ini tergolong kuat dan tahan lama.

Baca Juga: Cara Memilih Dompet Wanita Buatan Lokal Terbaik

Nah, berikut ini mimin akan memberikan 6 tips jitu untuk kamu dapat mencuci tas kulit sintetis dengan aman. Penasaran apa saja tipsnya?, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untumu, jadi simak baik-baik ya!.

6 Cara Mencuci Tas Kulit Sintetis

1. Mempersiapkan Air dan Sabun Bayi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan air serta sabun bayi. Mengapa harus sabun bayi?. Alasannya karena sabun bayi pada umumnya memiliki komposisi dari minyak esensial, wewangian, dan banyak bahan alami lainnya.

Komposisi inilah yang nantinya dipercaya tidak akan merusak permukaan tas. Berbeda jauh ketika kamu mencuci tas dengan detergen pada umumnya yang cenderung tidak bersahabat dengan permukaan tas. Apalagi jika sudah terendam lama, warna permukaan tas yang dimiliki bisa luntur.

Campur air dan sabun bayi tersebut dalam 1 wadah, perbandingannya adalah 8:1.

2. Menggunakan Larutan Semprot

Kedua adalah dengan menggunakan larutan semprot. Kamu bisa menggunakan larutan air dan sabun bayi sebelumnya untuk dimasukkan ke dalam botol semprot. Penggunaan botol semprot ini tentunya akan mempermudah kamu untuk mencuci tas kulit sintetis yang ada, serta cairan yang ada di dalamnya tidak tumpah.

3. Menggunakan Perantara Spons

Kamu bisa langsung menyemprot larutan sebelumnya ke permukaan tas yang kotor. Hanya saja mimin lebih merekomendasikan kamu untuk menyemprotkannya ke spons terlebih dahulu, lalu mengusapkannya ke permukaan tas. Menyemprot permukaan tas dengan air sabun langsung secara terus menerus akan merusak permukaan tas.

Jika kamu tidak memiliki spons, maka gunakanlah kain bersih sebagai alternatif.

4. Bersihkan Permukaan Tas dan Usap Secara Perlahan

Keempat adalah dengan membersihkan permukaan tas dengan spons tadi. Jangan lupa untuk mengosoknya, tapi ingat jangan terlalu kuat. Usahakan juga untuk mengosoknya searah. Hal ini penting dilakukan agar permukaan tas tidak menjadi lecet karena kuatnya gosokan berbeda arah yang kamu lakukan.

5. Lap dengan Kain Kering

Berikutnya adalah mengelap permukaan yang tadi sudah kamu bersihkan dengan kain yang kering. Pastikan tidak ada sisa air sabun yang tertinggal pada permukaan tas tersebut. Air sabun yang masih menempel pada tas, lama-lama akan menyebabkan jamuran. Paling tidak, terdapat noda putih jamuran.

Sama seperti sebelumnya, pastikan kamu mengelapnya searah.

6. Angin-Anginkan Tas

Terakhir adalah dengan mengeringkan tas tersebut secara alami. Alih-alih langsung menjemurnya di bawah terik sinar matahari, mimin lebih menyarankan kamu untuk angin-anginkan saja tasnya. Menjemur tas di bawah terik sinar matahari langsung dapat mengakibatkan permukaan tas kering dan kasar. Bila sudah begitu, tas kesayangan yang kamu miliki jadi cepat rusak.

Inilah 6 cara mencuci tas kulit sintetis dengan aman.

Baca Juga: Cara Merawat Tas Kulit Sintetis Agar Awet Tahan Lama

Untuk yang berminat melakukan kerja sama dengan menjual produk grosir hasil dari tim produksi Beela.Co dengan nama brand sendiri, hubungi WhatsApp Beela.Co segera di 0895-39050-6714.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top