Cara Memilih Tas Lokal yang Berkualitas & Ramah Lingkungan

Cara Memilih Tas Lokal – Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata tas lokal?.

Beberapa dari kamu jujur saja mungkin akan menganggap remeh kualitas daripada tas lokal. Tas lokal dianggap tidak dapat bersaing dengan tas dari produsen luar negeri. Tas lokal dianggap memiliki kualitas bahan yang kurang mumpuni dan juga kurang trendy.

Apakah benar demikian?. Tentu saja tidak ya. Tidak semua tas lokal tersebut memiliki kualitas bahan dan desain di bawah standar. Bahkan ada banyak produsen lokal yang berhasil menjual tasnya dengan bahan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk luar.

Pemerintah juga telah banyak membantu UMKM lokal untuk dapat memasarkan produknya di mancanegara melalui kegiatan ekspor.

Ya, sekarang tas lokal telah mampu berbicara banyak, dan sudah memiliki fanbase nya tersendiri yang besar. Salah satu dari sekian banyak produsen lokal yang banyak disorot akan kualitas hasil tas-nya adalah Beela.Co. Beela.Co sendiri adalah produsen aksesoris fashion lokal asal Jogja, yang dikomandoi oleh Lina Nabila.

Beela.Co memiliki fokus atau visi misi utama untuk menjalankan sustainability fashion sekaligus membantu perputaran ekonomi lokal menjadi lebih baik. Nah, di Beela.Co inilah kamu bisa menemukan banyak referensi tas lokal yang berkualitas.

Tapi, di sini mimin tidak akan berbagi referensi desain tas lokal terbaik langsung. Melainkan mimin ingin berbagi bagaimana cara memilih tas lokal yang berkualitas. Penasaran bagaimana caranya?, simak baik-baik artikel ini ya!. 

Cara Memilih Tas Lokal Berkualitas & Ramah Lingkungan

Bersama dengan Penjahit Beela.Co, Produsen Tas Lokal
Sumber: Yourbeela.com

1. Mempertimbangkan Bahan

Yang pertama adalah dengan mempertimbangkan bahan baku yang digunakan. Jangan malu untuk bertanya langsung kepada produsen atau penjual tentang jenis bahan yang mereka gunakan. Adapun salah satu bahan pembuatan tas yang ramah lingkungan adalah kulit sintetis.Ya, tas dari bahan kulit sintetis dapat membantu kita untuk secara tidak langsung peduli akan kelangsungan hidup hewan-hewan eksotis.

Selain itu, mereka produsen yang peduli akan kelangsungan lingkungan akan menerapkan konsep slow fashion. Kita dapat mengetahui ini dengan mudah melalui jumlah produk yang mereka hasilkan. Apabila sedikit tetapi berkualitas, maka itu bisa menjadi pertimbangan yang baik untuk membeli tas darinya.

Kebanyakan produsen lokal seperti ini akan menerapkan sistem pre-order.

2. Didominasi oleh Penjahit Lokal Rumahan

Berikutnya adalah tas tersebut berasal dari hasil produksi penjahit lokal rumahan. Bagaimana kamu dapat mengetahuinya?. Perhatikan dengan seksama desain serta motif yang terlihat pada permukaan tas. Tas lokal biasanya memiliki ciri pada motifnya yang khas menggambarkan daerah tertentu. Selain itu, hasil jahitan benangnya rapi dan natural.

Tas lokal biasanya memiliki corak desain yang klasik, dan mampu beradaptasi dengan baik pada perubahan tren fashion.

3. Kualitas yang Terjaga

Seperti yang sudah mimin katakan sebelumnya. Kebanyakan dari produsen lokal akan menerapkan konsep slow fashion. Konsep ini memiliki 5 karakteristik utama. 5 karakteristik tersebut adalah;

  1. Quality over quantity. Slow fashion lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas. Jumlah produksi yang dihasilkan dari produsen fashion yang menerapkan slow fashion ini cenderung sedikit tapi memiliki kualitas yang lebih baik.
  2. Ethical production. Slow fashion menggunakan metode produksi yang etis, dengan memprioritaskan perlakuan adil terhadap seluruh pekerja dan bahan utama produksi.
  3. Local production. Ya, slow fashion lebih mengandalkan proses produksi yang dilakukan oleh perajin lokal.
  4. Minimalist. Pendekatan yang dipilih adalah pendekatan minimalis, di mana pembeli didorong untuk membeli apa yang benar-benar mereka butuhkan. Fokus pada produk fashion yang timeless, comfy serta serbaguna.
  5. Upcycling and recycling. Ya, dengan slow fashion, limbah yang dihasilkan dapat dihasilkan kembali menjadi produk fashion baru.

4. Melihat Testimoni Pembeli Sebelumnya

Terakhir adalah dengan melihat testimoni dari pembeli sebelumnya. Manfaatkan halaman review yang ada pada toko online produsen lokal yang ingin kamu beli tasnya. Baca baik-baik setiap testimoni yang ada dari pembeli sebelumnya.

Hal ini penting untuk menambah wawasan serta mempertebal keputusan yang akan diambil.

inilah 4 cara memilih tas lokal terbaik dan juga ramah lingkungan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tas Lokal Terbaik untuk Pria & Wanita

Untuk yang berminat melakukan kerja sama dengan menjual produk grosir hasil dari tim produksi Beela.Co dengan nama brand sendiri, hubungi WhatsApp Beela.Co segera di 0895-39050-6714.

1 thought on “Cara Memilih Tas Lokal yang Berkualitas & Ramah Lingkungan”

  1. Pingback: 5 Tren Busana Muslim yang Lagi Naik Daun Tahun Ini! - Beela.Co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top