Cara Membersihkan Tas Berjamur 

Cara Membersihkan Tas Berjamur
Sumber: Google Images

Cara Membersihkan Tas Berjamur – Pernahkah kamu merasa jengkel karena tas kesayangan yang kamu miliki sudah berjamur dan susah sekali untuk dihilangkan?.

Ya, tas yang berjamur tentunya akan merusak style kamu ketika menghadiri acara tertentu.

Kamu akan dicap oleh teman-teman terdekat dengan kata-kata super menyakitkan, seperti “ih, jorok banget!”. Kamu tentunya akan buru-buru mengambil sikat untuk segera membersihkan jamur yang ada. Ada 4 cara ampuh untuk kamu bisa membersihkan jamur pada tas. Tapi sebelum kamu melakukan 4 cara itu, ada baiknya kamu mempelajari 3 sebab utama mengapa tas bisa berjamur. 3 sebab itu adalah;

Penyebab Tas Berjamur

1. Disimpan di Tempat yang Lembab

Yang pertama adalah tas yang kamu gunakan disimpan pada kondisi lingkungan yang lembab dan juga hangat. Jamur akan mudah tumbuh pada lingkungan yang seperti itu. Sebagai langkah pencegahan, perhatikan dengan baik lokasi penyimpanan tas kamu. Bila perlu taruh tas di dalam plastik khusus.

2. Adanya Sisa Makanan atau Keringat yang Menempel

Kedua, adanya sisa makanan atau keringat yang menempel pada tas. Kamu bisa mencegah penyebab terjadinya jamur pada tas ini dengan meletakkan tas ke tempat yang bersih ketika akan beraktivitas berat ataupun saat ingin makan.

3. Digunakan Pada Tempat yang Tidak Mendukung

Yang terakhir adalah tas tersebut digunakan pada tempat yang tidak mendukung. Seperti pada ruangan yang terlalu lembab dan tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Mengetahui 3 sebab utama mengapa tas bisa berjamur ini, bisa membantu kamu dalam upaya pencegahan. Jika sudah berjamur, apa yang dilakukan?.

4 Cara Membersihkan Tas Berjamur

1. Jamur membandel di permukaan tas kulit seketika menghilang dengan perasan air lemon

Perasan air lemon memiliki segudang manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah, air lemon juga berfungsi dengan baik dalam membersihkan jamur dari permukaan tas kulit kesayanganmu. Pada dasarnya, tas kulit yang dibuat dari bahan dasar kulit hewan memiliki sifat yang sensitif dan mudah mengelupas bila metode perawatannya salah.

Agar lebih aman, cobalah sikat bagian tasmu yang berjamur menggunakan perasan air lemon. Gunakan sikat berbulu lembut atau kain microfiber, sikat secara perlahan berulang kali apabila jamur di tas masih terlihat meninggalkan bekas. Setelah itu, lap dengan kain bertekstur lembut dan biarkan selama beberapa saat supaya tidak lembab. Jika tas kulit sudah dirasa bebas dari jamur, simpanlah di tempat tertutup dengan silica gel yang ditaruh di dalam tas.

2. Memanfaatkan soda kue untuk membasmi tas yang jamuran

Salah satu bahan dapur murah meriah yang dapat membasmi jamur dari permukaan tas kulitmu adalah soda kue. Tidak boleh sembarangan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jemur tasmu di jamuran di luar ruangan selama 24 jam terlebih dahulu.

Tak berhenti sampai di situ, taburkan soda kue di atas permukaan tas kulit yang berjamur lalu diamkan lagi semalaman. Setelah dua hari melewati proses penjemuran, barulah tas yang sudah didiamkan selama satu malam bisa dibersihkan dengan digosok secara perlahan menggunakan kain microfiber. Bilas sisa-sisa soda kue, kemudian anginkan sampai kering lalu simpan di dalam lemari.

3. Gunakan cuka putih untuk mencegah jamur pada tas kembali lagi

Tidak jarang lho, jamur yang dianggap sudah dibasmi dengan sempurna dapat kembali lagi menghinggapi permukaan tas kulit. Nah, supaya tas kulitmu terbebas dari jamur membandel, alangkah baiknya untuk coba membersihkannya menggunakan cuka putih. Disamping efektif menghilangkan karat, cuka putih juga sering dimanfaatkan untuk membasmi jamur pada tas kulit.

Dengan perbandingan campuran antara cuka dan air hangat sebanyak 10 : 1, celupkan lap bersih pada larutan yang sudah ditakar sempurna hingga basah. Kemudian gunakan sarung tangan lateks dan usap perlahan lap yang sudah terserap larutan cuka putih pada bagian tas yang terkena jamur sampai benar-benar menghilang. Jemur sampai kering, setelah itu letakan tas kulit di tempat semula.

4. Basmi tas berjamur dengan sabun pembersih khusus 

Bahan alami terkadang tidak terlalu bekerja dengan baik, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membasmi tas berjamur adalah dengan sabun khusus bernama Saddle soap. Sabun pembersih khusus ini merupakan salah satu produk yang kerap digunakan untuk membersihkan, melindungi, dan merawat tas maupun sepatu berbahan dasar kulit. Mengandung zat pelembab yang cukup tinggi untuk melindungi tas kulit dari jamur, biasanya saddle soap terbuat dari bahan beeswax dan lanolin.

Cara membersihkannya cukup mudah, kamu celupkan terlebih dahulu kain bersih ke dalam air, gosokan kain basah tersebut ke saddle soap, kemudian bersihkan tas yang berjamur tersebut menggunakan kain basah bercampur saddle soap secara perlahan. Ingat, jangan gosok terlalu keras agar permukaan kulit tidak mengelupas.

Baca Juga: Cara Merawat Tas Kulit Sintetis

Apabila kamu berminat untuk mendapatkan lebih banyak referensi tas berkualitas tidak mudah jamuran, bisa checkout segera di laman Shopee Beela di sini ya <.

2 thoughts on “Cara Membersihkan Tas Berjamur ”

  1. Pingback: Gaya Tas Basic: Trend Tanpa Batas? - Beela.Co

  2. Pingback: Cara Merawat Tas Kulit Sintetis Agar Awet Tahan Lama! - Beela.Co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top