Mengenal Lebih Dekat Bahan Saffiano Leather

Bahan Saffiano Leather – Ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan untuk proses produksi tas, dompet, card holder, clutch dan lain-lain. Beberapa dari kamu mungkin sudah tahu bahwa terdapat 2 jenis bahan yang umum digunakan, yakni bahan dari kulit asli dan juga bahan dari kulit sintetis. Dua jenis bahan ini memang menjadi primadona di kalangan produsen ataupun konsumen.

Tapi tahukah kamu, bahwa selain kedua jenis bahan ini, terdapat juga jenis bahan lain yang banyak diincar karena kualitasnya yang awet dan juga tahan air. Bahan yang mimin maksud adalah saffiano leather. Apa itu bahan saffiano leather?, mimin akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.

Bahan Saffiano Leather Adalah..

Permukaan Bahan Saffiano
Sumber: Carlfriedrik.com

Bahan saffiano adalah bahan dari jenis kulit asli yang khas dengan tekstur dan pola yang khusus di permukaannya. Penyamakan kulit pada bahan ini menggunakan mesin stempel saffiano. Tidak heran jika pola yang terbentuk darinya akan jadi khas, yakni crosshatch. Pola seperti ini tidak akan bisa Bee Fellas temukan pada jenis bahan lain.

Crosshatch ini sendiri berbentuk seperti anyaman yang rapat. Umumnya, bahan ini menggunakan tambahan lilin untuk jadikan tas lebih awet dan tidak mudah tergores. Penggunaan lilin pada proses pembuatan melibatkan bahan ini juga jadikan permukaan produk yang ada, jadi lebih mengkilap.

Lebih lanjut dalam prosesnya, terdapat 4 tahapan penting yang mesti dilewati. 4 tahapan penting tersebut adalah preparation, heating, pressing, dan juga finishing.

  • Preparation adalah proses persiapan yang erat kaitannya dengan penyamakan kulit.
  • Heating adalah proses yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan pola garis anyaman pada permukaan kulit. Proses ini akan dilakukan pada suhu 70°C. Selain ditujukan untuk mendapatkan pola garis anyaman, proses ini juga dimaksudkan agar bahan kulit menjadi lebih fleksibel dan juga mudah untuk dibentuk.
  • Pressing adalah proses di mana bahan sudah masuk ke dalam mesin pencetakan dengan pola crosshatch.
  • Terakhir, yakni finishing, berkaitan dengan proses pendinginan.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Saffiano Leather

Produk Card Holder Beela dari Bahan Saffiano
Sumber: www.yourbeela.com

Kelebihan

  • Awet dan tahan lama. Lapisan liin yang berada pada permukaan bahan ini, menjadikannya awet dan juga tahan. Tas yang diproses dengan bahan ini dijamin tidak akan mudah rusak.
  • Tahan air. Penggunaan lilin dalam proses pembentukan bahan ini untuk produksi tas, menjadikan pori-pori permukaan tas yang ada begitu rapat. Rapatnya pori-pori permukaan pada bahan inilah yang akhir menjadikan tas yang dimiliki tahan akan air.
  • Perawatan tas yang mudah. Ya, karena bahan ini tahan air dan juga tidak menyerap kotoran, maka perawatan yang diperlukan juga tidak akan ribet.

Kekurangan

Mengenai kekurangan daripada bahan ini untuk produk tas dan sejenisnya, adalah relatif. Ya, kekurangan yang mimin maksud adalah harga yang biasanya dipatok untuk tas, dompet dsb dengan bahan ini cenderung lebih mahal. Hal ini wajar mengingat prosesnya yang tidak mudah alias njelimet.

Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu bahan saffiano. Apabila kamu berminat untuk mendapatkan produk-produk tas berkualitas dari Beela.Co, bisa kunjung langsung laman Tokopedia beela-co ataupun di Shopee di Beela_co.

Baca Juga: Desain Shoulder Bag Terbaru 2023

Dapatkan informasi produk berkualitas internasional dari pengrajin lokal lainnya dengan cara follow Instagram Beela.Co di @beela_co.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top