Apa itu Cashless, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa itu Cashless – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita telah mengenal banyak sistem digital 0 dan 1, yang dengan kedua angka ini, kita telah beralih dari zaman teknologi analog menjadi teknologi digital. Tidak hanya itu teknologi juga memungkinkan kita untuk beralih lebih cepat dari kebiasaan tradisional tidak praktis menuju modern praktis. Salah satu dari sekian banyak peralihan kebiasaan tersebut terdapat pada metode pembayaran.

Di mana kini kita dapat mengenal istilah cashless. Apa itu cashless?. Mimin akan menjawabnya lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.

Apa itu Cashless?

Cashless adalah sebutan untuk metode pembayaran yang tidak lagi menggunakan uang tunai, tetapi menggunakan metode pembayaran berbentuk digital. Ya, uang kertas yang kita kenal sebagai alat tukar barang, digantikan oleh sistem uang digital.

Yang uang digital ini terdapat pada sistem aplikasi mobile dan juga kartu ATM. Metode pembayaran seperti ini telah banyak diterapkan di toko-toko besar yang memiliki banyak antrian. Sistem pembayaran seperti inilah yang juga dikenakan di jalan tol, yakni E-Toll.

Fenomena Lifestyle Cashless Muncul

Seperti yang kita ketahui bersama, perkembangan teknologi biasanya juga dibarengi dengan perubahan kebiasaan atau cara bersosial. Termasuk di dalamnya metode cashless yang menjadikan kebanyakan orang-orang malas untuk membawa uang cash.

Mereka-mereka yang menggunakan aplikasi mobile atau kartu ATM biasanya akan menjuluki gaya hidup atau lifestylenya sebagai kaum cashless. Ya, tentu saja ada banyak alasan atau faktor mengapa gaya cashless ini cepat menjamur. Salah satunya adalah mudahnya toko-toko besar untuk mendapatkan fasilitas pembayaran uang digital, baik dengan QR Code QRIS ataupun dengan perangkat keras tambahan seperti EDC (Electronic Data Capture).

Lebih lanjut, penggunaan pembayaran atau sistem cashless ini akan mengurangi terjadinya korupsi di kalangan atas atau para pejabat.

Kelebihan Cashless

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari gaya hidup cashless, 4 di antaranya adalah;

1. Praktis. Ya, menerapkan gaya hidup cashless akan membantu kamu untuk melakukan proses pembayaran lebih praktis. Kamu tidak perlu pusing menunggu kembalian yang ada, dan pusing mencari dompet yang cocok untuk menyimpan uang.

2. Berpeluang Mendapatkan Promo Menarik. Manfaat kedua adalah kamu yang berpeluang untuk mendapatkan kesempatan mengikuti promo menarik. Ya, toko-toko yang menyediakan EDC (Electronic Data Capture) biasanya akan memberikan penawaran menarik kepada-kepada mereka yang ingin membayar dengan kartu atau uang digital.

3. Meminimalisir Pencurian. Manfaat ketiga adalah membantu kamu untuk meminimalisir pencurian. Ya, pencurian atau copet bisa saja muncul jika ia melihat dompet kamu yang tebal. Menerapkan gaya hidup cashless akan menjadikan penampilan kamu lebih sederhana, terutama untuk laki-laki, di bagian celana yang jadi tidak lagi menonjol. Sistem keamanan uang digital lebih tinggi ketimbang tradisional

4. Memudahkan Kamu Mengatur Pengeluaran. Manfaat terakhir adalah memudahkan kamu untuk mengatur atau menghitung pengeluaran. Ya, pembayaran uang digital akan secara otomatis tercatat di dalam sistem. Kamu tidak perlu lagi memerlukan pencatatan pengeluaran keuangan secara manual.

Kekurangan Cashless

Sama halnya dengan kelebihan yang dimiliki oleh gaya hidup cashless ini, terdapat cukup banyak kekurangannya. 3 di antaranya adalah;

1.  Penggunaan Uang Digital Cenderung Lebih Boros. Ya, hal ini berkaitan dengan promo, di mana pengguna biasanya terlalu terlena dengan promo yang ditawarkan. Plus toko-toko yang menyediakan fasilitas sistem pembayaran uang digital, biasanya akan mewajibkan pembelinya untuk melakukan nominal minimal pembelian.

2. Bahaya Cyber Crime yang Dapat Mengintai. Meskipun aman dari pencurian fisik, nyatanya cashless dalam sistem keuangan digital memiliki kelemahan dari keamanan non fisik. Hal ini berkaitan dengan cyber crime. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk sering mengganti password uang digital kamu.

3. Terbatas. Perlu diingat bahwa tidak semua toko menyediakan fasilitas untuk mereka-mereka yang menerapkan gaya hidup cashless. Ini tentu saja akan sangat merepotkan apabila kamu sudah memesan 1 seblak dan ketika ingin membayar dengan aplikasi mobile atau kartu ATM, penjual tidak memiliki fasilitasnya.

Aksesoris Fashion Penunjang Gaya Hidup Cashless

Untuk Bee Fellas yang konsisten menerapkan gaya hidup cashless, mimin sarankan untuk memiliki aksesoris fashion khusus, yakni card holder. Ya, card holder adalah dompet yang didesain khusus untuk tempat kartu. Desain yang dimiliki memang sekilas mirip dompet, hanya saja dengan bentuk yang lebih ramping dan juga slot kartu yang lebih banyak.

Mimin sendiri telah memberikan 7 rekomendasi card holder lokal terbaik pada artikel sebelumnya. Kamu bisa membaca lengkap rekomendasi tersebut melalui link artikel di bawah ini;

Baca Juga: 7 Card Holder Lokal Terbaik Buatan Beela.Co

Dapatkan informasi produk berkualitas internasional dari pengrajin lokal lainnya dengan cara follow Instagram Beela.Co di @beela_co.

Untuk yang berminat melakukan kerja sama dengan menjual produk grosir hasil dari tim produksi Beela.Co dengan nama brand sendiri, hubungi WhatsApp Beela.Co segera di 0895-39050-6714.

1 thought on “Apa itu Cashless, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?”

  1. Pingback: 5 Tips Menata Dompet Ala Feng Shui di Tahun 2024 - Beela.Co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top